Tugasakhir semester Administrasi Perkantoran
Nama :
Sondi E Nubatonis
Nim : 2010210046
Fakultas : Ilmu Social Politik
Jurusan :
Ilmu Administrasi Negara
1.a. Hakeket administrasi dalam arti sempit yang
mencakup ketatausahaan dan pelayanan adalah mengadakan pencatatan dan penyusunan
keterangan-keterangan, sehingga keterangan-keterangan itu dapat digunakan secara
langsung sebagai bahan informasi bagi pimpinan organisasi yang bersangkutan atau
dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. Dan sebagai Ilmu atau Seni
adalah Perkembangan pemikiran dan penalaran manusia yang berdasarkan kaidah dan
norma-norma administrasi tidak hanya dipandang sebagai ilmu pengetahuan, tetapi
mereupakan bagian kehidupan manusia yang menuntut terciptanya spesialisasi menuju
kemahiran terhadap suatu keterampilan dari berbagai bidang kegiatan dalam memenuhi
kehidupan manusia.
b. Sumbrdaya yang perlu di optimalkan adalah
Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu bakat atau keahlian yang dimiliki oleh setiap
orang agar menjadi SDM yang berkualitas.
c. Kendalanya adalah kurangnya kualitas sumberdaya
manusia (SDM). Solusinya adalah perlu mengadakan pelatihan-pelatihan seperti ilmu
pengetahuan teknologi dan lain sebagainya sehingga menjadi sumberdaya manusia
yang berbakat dan berkualitas.
2.a. Maknanya konsep tersebut adalah sebagai seorang
leader didalam organisasi harus mempunyai kemampuan, pengalaman dan keahlian dibidang
kepemimpinan untuk mengendalikan dan menyusun system dan prosedur administrasi perkantoran.
b. Keberhasilan organisasi dan pencapaian tujuan
organisasi sangat tergantung kepada pemimpin dan orang-orang yang berada di
sekitar pemimpin. Seorang pemimpin yang sukses apabila ia mampu menggerakkan
sejumlah orang dalam mencapai tujuan organisasi. Untuk keperluan itu, seorang pemimpin hendaknya dapat menciptakan
beberapa hal, yaitu :Atmosfer hubungan kerja yang nyaman, Motivasi maksimum, Kedisiplinan,
keteladanan, dan berkemampuan (professional), Aspiratif (people focus), Berkomitmen
terhadap Etika dan tujuan organisasi (performance), Berpikir sistemik dan selalu
positive thinking.
c. Tantangan atau hambatannya adalah tanggungjawab
yang dimiliki tidak dijalankan dengan efektif dan lebih mengutamakan tugas dan tanggunjawab
pribadi disbanding tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang Administrator.
3.a. Kepemimpinan dimilki oleh setiap diri manusia
(self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu
proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya,
namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri seringkali manusia dihadapkan
pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan
muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu,
untuk menghindarinya menjadi penting factor pengendalian diri, salah satunya adalah
dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan
dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangaterat.
b. Tigaunsur yang dominandenganpendekatanmetta
leadership, yaitu:
1. Sosial, yaitu suatu kemampuan yang
dimiliki karena mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk kemampuan atau
mengikuti pelatihan.
2. Genetik,
yaitu suatu kemampuan atau bakat yang dimiliki secara alami atau sudah ada sejak
lahir.
3. Ekologi,
yaitu suatu kemampuan yang dimiliki karena adanya kebutuhan.
c. Standar penampilanya adalah harus berpenampilan
rapi, berwibawa, terampil, santun, sabar dan disiplin serta bertanggungjawab terhadap
pekerjaanya.
4.a. Saya
sangat setuju sekali dengan konsep ini yang merupakan konsep yang berpandangan bahwa
Good Organisation dan Good Govermence akan bisa terwujud jika anggota organisasi
baik Top Leader maupun Follower memberikan pelayanan yang prima pada yang
membutuhkan.
b. Menurut
Saya dengan konsep tersebut maka setiap pegawai yang berbakat dapat menggembangkan
karirnya dengan efektif dan efesien karena dengan pemberian pelayanan yang
prima dari Top Leader dan Follower pada yang membutuhkan baiksecara vertical maupun
horizontal.
c. Menurut
Saya Dalam suatu organisasi akan ditemukan beberapa unsure yakni visi-misi,
tujuan dan program kerja, struktur organisasi, kode etik organisasi,
hubungan antaralain organisasi, individu-individu, kepemimpinan, dan dinamika organisasi.
Keberhasilan organisasi mencapai tujuan organisasi sangat tergantung kepada
pemimpin dan orang-orang yang berada di sekitar pemimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar