Minggu, 29 Januari 2012

Administrasi Perkantoran

Tugasakhir semester Administrasi Perkantoran
Nama         : Sondi E Nubatonis
Nim             : 2010210046
Fakultas    : Ilmu Social Politik
Jurusan     : Ilmu Administrasi Negara
JAWABAN
1.a. Hakeket administrasi dalam arti sempit yang mencakup ketatausahaan dan pelayanan adalah mengadakan pencatatan dan penyusunan keterangan-keterangan, sehingga keterangan-keterangan itu dapat digunakan secara langsung sebagai bahan informasi bagi pimpinan organisasi yang bersangkutan atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. Dan sebagai Ilmu atau Seni adalah Perkembangan pemikiran dan penalaran manusia yang berdasarkan kaidah dan norma-norma administrasi tidak hanya dipandang sebagai ilmu pengetahuan, tetapi mereupakan bagian kehidupan manusia yang menuntut terciptanya spesialisasi menuju kemahiran terhadap suatu keterampilan dari berbagai bidang kegiatan dalam memenuhi kehidupan manusia.
b. Sumbrdaya yang perlu di optimalkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu bakat atau keahlian yang dimiliki oleh setiap orang agar menjadi SDM yang berkualitas.
c. Kendalanya adalah kurangnya kualitas sumberdaya manusia (SDM). Solusinya adalah perlu mengadakan pelatihan-pelatihan seperti ilmu pengetahuan teknologi dan lain sebagainya sehingga menjadi sumberdaya manusia yang berbakat dan berkualitas.
2.a. Maknanya konsep tersebut adalah sebagai seorang leader didalam organisasi harus mempunyai kemampuan, pengalaman dan keahlian dibidang kepemimpinan untuk mengendalikan dan menyusun system dan prosedur administrasi perkantoran.
b. Keberhasilan organisasi dan pencapaian tujuan organisasi sangat tergantung kepada pemimpin dan orang-orang yang berada di sekitar  pemimpin. Seorang pemimpin yang sukses apabila ia mampu menggerakkan sejumlah orang dalam mencapai tujuan organisasi. Untuk keperluan itu,  seorang pemimpin hendaknya dapat menciptakan beberapa hal, yaitu :Atmosfer hubungan kerja yang nyaman, Motivasi maksimum, Kedisiplinan, keteladanan, dan berkemampuan (professional), Aspiratif (people focus), Berkomitmen terhadap Etika dan tujuan organisasi (performance), Berpikir sistemik dan selalu positive thinking.
c. Tantangan atau hambatannya adalah tanggungjawab yang dimiliki tidak dijalankan dengan efektif dan lebih mengutamakan tugas dan tanggunjawab pribadi disbanding tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang Administrator.
3.a. Kepemimpinan dimilki oleh setiap diri manusia (self leadership), setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri seringkali manusia dihadapkan pada berbagai  problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting factor pengendalian diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangaterat.
b. Tigaunsur yang dominandenganpendekatanmetta leadership, yaitu:
1. Sosial, yaitu suatu kemampuan yang dimiliki karena mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk kemampuan atau mengikuti pelatihan.
2. Genetik, yaitu suatu kemampuan atau bakat yang dimiliki secara alami atau sudah ada sejak lahir.
3. Ekologi, yaitu suatu kemampuan yang dimiliki karena adanya kebutuhan.
c. Standar penampilanya adalah harus berpenampilan rapi, berwibawa, terampil, santun, sabar dan disiplin serta bertanggungjawab terhadap pekerjaanya.
4.a. Saya sangat setuju sekali dengan konsep ini yang merupakan konsep yang berpandangan bahwa Good Organisation dan Good Govermence akan bisa terwujud jika anggota organisasi baik Top Leader maupun Follower memberikan pelayanan yang prima pada yang membutuhkan.
b. Menurut Saya dengan konsep tersebut maka setiap pegawai yang berbakat dapat menggembangkan karirnya dengan efektif dan efesien karena dengan pemberian pelayanan yang prima dari Top Leader dan Follower pada yang membutuhkan baiksecara vertical maupun horizontal.
c. Menurut Saya Dalam suatu organisasi akan ditemukan beberapa unsure yakni visi-misi, tujuan dan program kerja, struktur organisasi, kode etik organisasi, hubungan antaralain organisasi, individu-individu, kepemimpinan, dan dinamika organisasi. Keberhasilan organisasi mencapai tujuan organisasi sangat tergantung kepada pemimpin dan orang-orang yang berada di sekitar  pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pulsating Superman Logo PointerPulsating Superman Logo Pointer

Balon Qu Ada Lima